Berita Media, Diskusi, Isu Tematik, Pandangan Anggota, Pandangan Fraksi, Pandangan Parlemen, Pendapat Pakar, Pojok Komite

Diragukan DPR Bisa Sahkan 6 RUU Tentang Hukum Sebelum Pemilu

JAKARTA | Keseriusan anggota DPR untuk menuntaskan enam Rancangan Undang-undang (RUU) yang diyakini bisa mencagah terjadinya suap-menyuap sebelum Pemilu 2014 diragukan. Karena anggota dewan justru fokus mempersiapkan hajatan lima tahunan itu.

“Saya tidak yakin RUU itu akan gol. Karena anggota DPR pasti fokus pemilu,” ujar mantan hakim Asep Iwan Iriawan dalam diskusi “Advokat Juga Manusia” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (27/7).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Nudirman Munir yakin praktik suap menyuap antar lembaga penegak hukum dapat dikurangi hingga 70 persen jika enam RUU, yakni RUU Kejaksaan, RUU Kepolisian, RUU Mahkamah Agung (MA), RUU Advokat, RUU Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dan RUU Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) disahkan.

“Kalau RUU ini disahkan oleh pemerintah, saya jamin korupsi dan suap turun 70 persen,” ujar Nudirman, yang berharap enam RUU itu bisa disahkan sebelum Pemilu 2014.(rm)

Sumber : topkota.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *